Foto Bersama

Pada hari Selasa, 20 September 2022 telah dilaksanakan sidang terbuka pengambilan Sumpah atau Janji Apoteker gelombang tiga tahun akademik 2021-2022 Sekolah Tinggi Farmasi Indoensia Bandung di The Trans Luxury Hotel Bandung. Acara ini berlangsung dengan lancar dan khidmat dari pukul 07.30 WIB hingga 13.30 WIB.

Apoteker di dalam menjalankan profesinya harus mengucapkan sumpah menurut tata cara agama yang dipeluknya atau mengucapkan janji dikarenakan Apoteker ini harus bertanggungjawab atas semua perbuatan yang dilakukannya dalam praktik kefarmasian.

Saat pengambilan Sumpah atau Janji Apoteker ini, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia meluluskan total 27 mahasiswa program studi Apoteker. Setelah pembacaan sumpah atau janji Apoteker, para Apoteker ini mendapatkan sertifikat profesi, surat tanda registrasi apoteker, sertifikat kompetensi dan penandatanganan surat Sumpah atau Janji Apoteker.

Acara ini dihadiri oleh pengurus pusat Ikatan Apoteker Indoneisa, Komite Farmasi Nasional, dewan pengurus Yayasan Hazanah beserta jajaran petinggi dan dosen Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia. Tidak hanya itu saja, ada beberapa pengumuman lulusan terbaik, lulusan predikat cumlaude, dan lulusan dengan nilai Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) tertinggi serta penyerahan piagam penghargaan. Predikat lulusan terbaik jatuh kepada apt. Lidyani Sorasi, S.Farm., serta apt. Risky Neirul, S.Farm., mendapatkan predikat lulusan dengan nilai Uji Kompetensi Apoteker Indonesia tertinggi dengan nilai 83. Keduanya juga mendapatkan predikat cumlaude.

Di dalam akhir sambutan dr. apt. Adang Firmansyah, M.Si., selaku Ketua Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia mengatakan bahwa, meskipun sudah melakukan sumpah, tidak boleh sungkan untuk kembali ke kampus, serta mengatakan bahwa profesi Apoteker ini akan lebih baik.

“Profesi Apoteker akan terlihat lebih baik lagi dari hari ini, dan itu semua ada ditangan kalian sebagai Apoteker penerus,” ucap bapak Adang dalam sambutannya.

Penulis : Rizka Zaidah Mawldiyah

Editor  : Hana Nur Asilah

Bagikan artikel ini pada dunia :