New Normal, New Life

Pada tanggal 1 Juni 2020, pemerintah sudah mulai menerapkan skenario New Normal (tatanan hidup baru). New Normal merupakan skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Dengan adanya New Normal ini pemerintah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berdamai dengan virus corona, yang mana telah kita ketahui bahwa adanya wabah virus corona ini telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat. Bukan hanya di Indonesia bahkan di seluruh dunia, masyarakat dianjurkan berdiam diri di rumah dan tidak melakukan aktivitas di luar sehingga menghambat aktivitas masyarakat pada umunya.

(Photo by @: merdeka.com)

Kegiatan belajar mengajar dan bekerjapun dilakukan secara daring. Selain itu adanya wabah virus corona ini juga berdampak sangat besar terhadap perekonomian, tidak banyak perusahaan bahkan pabrik-pabrik besar yang mengadakan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) masal terhadap para karyawan dikarenakan dari pihak perusahaan sendiri mengalami kesulitan dalam menggaji karyawannya sejak merosotnya permintaan pelanggan akibat adanya wabah virus corona. Oleh karena itu, pemerintah menerapkan New Normal agar kita bisa perlahan-lahan bangkit dari wabah virus corona meskipun sampai saat ini korban akibat masih banyak berjatuhan.

Penerapan skenario New Normal harus tetap berlandaskan protokol kesehatan yang sudah diberlakukan dengan menjaga kebersihan tangan, tidak menyentuh wajah, menerapkan etika batuk & bersin, memakai masker, jaga jarak (physical distancing), isolasi mandiri, dan menjaga kesehatan.

Untuk menjalankan penerapan skenario New Normal di masa pandemi virus corona ini, kita harus menjaga kesehatan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit salah satunya yaitu dengan:

  1. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan

Kandungan vitamin dan zat bermanfaat lainya yang ada di dalam sayuran dan buah-buahan dapat membuat tubuh selalu prima dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  1. Mengkonsumsi vitamin D

Seperti jamur, kuning telur, ikan salmon, hati sapi, ikan tuna, dsb. Selain itu juga kita dapat mengkonsumsi suplemen vitamin D.

  1. Berolahraga rutin

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa berolahraga rutin mampu menghindarkan dari berbagai penyakit diantaranya seperti stroke, mempercepat aliran darah dan lain sebagainya.

  1. Istirahat yang cukup

Untuk dapat meningkatkan kualitas Kesehatan hidup kita harus memperbanyak istirahat yang cukup, selain itu istirahat yang cukup bias meningkatkan kekebalan tubuh lebih kebal dari bakteri, virus, dan juga kuman.

  1. Mengurangi stress

Ketika seseorang stress maka kekebalan tubuhnya akan menurun, akibatnya seseorang lebih mudah terserang penyakit. Maka dari itu kita harus pandai-pandai mengatur stress, salah satunya yaitu dengan mediasi.

  1. Menjaga kebersihan

Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi dan olahraga yang teratur kita juga harus menjaga kebersihan badan dan lingkungan sekitar salah satunya yaitu dengan mandi setiap hari, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya, dan lain-lain.

Penulis

Euis Novi Nurmalasari

Leave a Comment