MENGUNGKAP TANAMAN BERBAHAYA YANG BISA MERUBAH MANUSIA MENJADI SEPERTI ZOMBIE!

Akhir akhir ini maraknya serial drama korea All of Us are Dead yang populer di berbagai platform film ataupun sosial media, serial ini menceritakan tentang sekolah yang diserang oleh wabah zombie.

Nah tahu ga? Sebenarnya ada tanaman yang bisa menyebabkan manusia memiliki gejala seperti zombie yang di film?

Yak bener banget ternyata adaaaaa….

(https://www.britannica.com/plant/khat-plant# / media/1/316496/226250)

Jadi nama tanamannya adalah teh arab, atau sering disebut juga dengan Chat. Tanaman ini memiliki nama latin yaitu Catha Edulis, yang berasal dari daerah Semenanjung Arab (Arabian Peninsula) dan daerah Afrika Timur (The Horn of Africa). Tanaman ini tergolong ke dalam keluarga tanaman Celastraceae.

Tanaman ini bisa tumbuh mencapai setinggi 25 meter (80 kaki), memiliki bentuk daun oval besar, bergigi halus dan memiliki bunga berwarna putih, ujung batang berwarna coklat kemerahan. Tanaman ini mengandung senyawa metabolit sekunder yaitu alkaloid, fenolik, glikosida, steroid/triterpenoid, flavonoid, tanin serta saponin.

Metabolit sekunder aktif yang terdapat pada daun teh arab ini yaitu katinon, yang merupakan senyawa kimia golongan alkaloid. Katinon dengan rumus kimia 2-amino-1-fenil propanon sering disebut sebagai amfetamin alami.

Banyak orang tidak mengetahui bahwa pengembangan tanaman ini dilarang di Indonesia, karena dapat menimbulkan efek seperti amfetamin yang dapat menembus susunan saraf pusat, memacu adrenalin sebagai stimulan.

Bentuk sintesis dari senyawa katinon ini dikenal dengan sebutan “Flakka”. Flakka ini tergolong narkotika golongan I terdapat pada Undang-Undang No 35 tahun 2009. Dimana akan memberikan efek yang sama dengan amfetamin alami yaitu menimbulkan kecanduan. Flakka apabila dikonsumsi akan menyebabkan peningkatan dopamine didalam otak yang akan menyebabkan perasaan euforia, jantung berdebar, tekanan darah meningkat, gelisah, dan hipersensitifitas.

Di daerah turki Flakka ini lebih dikenal dengan “Pil Zombie” karena jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, Pengguna Flakka akan menunjukkan gejala yang terlihat seperti Zombie, seperti kecemasan yang parah, halusinasi, paranoid, bisa menyebabkan penderita mengalami perilaku agresif, kebingungan parah dan tidak mampu berpikir jernih, bahkan penggunanya dapat mencelakai diri sendiri atau orang lain misalnya mengamuk, histeris, menjerit, memukul, kanibalisme, kejang dengan menggeliat-geliat di lantai dengan mata tergulung ke belakang di kepala. Flakka dapat diidentifikasi dengan menggunakan kromatografi gas dan spektrofotometer massa.

Sooo, dapat disimpulkan bahwa tanaman teh arab mengandung senyawa metabolit sekunder aktif yaitu katinon yang memberikan efek sama seperti amfetamin narkotika golongan 1, bentuk sintesis dari senyawa ini disebut Flakka. Flakka akan menyebabkan penggunanya dengan gejala yang terlihat seperti zombie.

Penulis            : Fidelia Raisa

Editor              : Muhammad Ismail Faruqi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.