GAME

 

Kepopularan dari video game zaman sekarang ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Popularitas dari video game telah berkembang sangat pesat dalam beberapa dekade belakangan ini. Riset menunjukkan sekitar setengah dari orang di Amerika bermain video game di berbagai perangkat elektronik, sementara 10% dari mereka yang bermain mengidentifikasi diri sebagai seorang gamer (orang yang konsisten dalam bermain video game dan mengenal komunitas gaming).

Pada beberapa dekade belakang banyak orang yang berpikir bermain sebuah game  hanya dilakukan untung bersenang-senang semata. Dengan berkembangnya industri di dunia permainan ini, game sekarang bukan hanya menjadi media untuk bersenang-senang saja, tetapi pada beberapa tahun kebelakang sudah diadakan kompetisi untuk game, yang diberi nama E-Sport (Electronic Sport) atau olahraga elektronik.

 

Beberapa hadiah yang telah diberikan pada kompetisi game diantaranya

Dota 2 3.014.668.935.702,60 IDR
Counter-Strike: Global Offensive 1.236.255.475.293,91 IDR
Fortnite 1.156.558.515.146,24 IDR
League of legends 1.005.248.219.510,68 IDR
Star craft II 442.030.363.294,74 IDR

Bisa diketahui bahwa bermain game tidak hanya mendapatkan jutaan rupiah saja melainkan dapat menghasilkan uang lebih dari miliaran rupiah.

Selain itu, Ada pula yang disebut dengan live streamers atau orang-orang yang menyiarkan mereka bermain game secara langsung. Top streamers atau orang-orang yang sering ditonton saat bermain game bisa menghasilkan uang sangat signifikan setiap bulan hanya dengan bermain game.

Menurut beberapa orang Indonesia bermain game masih menjadi hal tabu yang akan menghasilkan uang dari sana. Tapi di generasi-generasi selanjutnya E-Sport akan terus berkembang dan akan menjadi hal yang sangat besar bahkan dapat selevel atau lebih dari olimpiade. Namun, ada beberapa universitas yang memberikan beasiswa kepada gamers. Dapat dibayangkan nanti ada orang tua yang memaksa untuk anaknya bermain game untuk mendapatkan beasiswa, sehingga bersaing E-Sport bisa menjadi cita-cita yang diimpikan oleh anak kecil. Dengan demikian, dapat dimengerti bahwa banyak orang-orang yang rela menghabiskan uang dan waktunya hanya untuk bermain game, karena bermain itu menyenangkan. Game is Fun.

Penulis

Muhammad Rakan Naufal

Leave a Comment