Creativity Biopsy (Creopsy) 2020

Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (SEMAFI) kembali membuat acara lomba poster, tetapi kali ini tidak hanya lomba poster saja melainkan dengan lomba design kemasan pangan. Acara ini merupakan program kerja dari Bidang Media Informasi Lomba Design Nasional (Creopsy) yang dilakukan secara online mulai dari pendaftaran hingga pengumuman pemenang.  Tujuan dari lomba ini yaitu untuk mengasah kemampuan melalui media visual design dan membangun potensi mahasiswa agar menjadi lebih aktif dalam berkreatifitas. Tema dari lomba poster yaitu ‘Diabetes’ dengan berbagai subtema yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa kesehatan yang ada di Indonesia .

( Daftar Peserta Lomba )

Target dari lomba ini ialah agar dapat diikuti oleh 8 universitas di seluruh Indonesia atau sekurang-kurangnya berasal dari 3 provinsi, dimana satu timnya terdiri dari 2-3 orang. Meskipun acara ini adalah acara nasional yang pertama kali diadakan, namun tidak menyurutkan antusiasme peserta sehingga membuat target acara ini tercapai. Ditilik dari daftar peserta yang telah masuk terlihat sebanyak 21 tim yang diikuti oleh 11 Perguruan Tinggi dari 4 provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, dan Lampung berhasil memeriahkan acara ini.

 

Penjurian dilakukan untuk menentukan juara 1 dan 2 dimana juri professional dalam bidang design kemasan dan poster  yaitu Bapak Sonsonnurusholih, S.Sn., M.Sn. Sedangkan untuk juri materi poster yaitu Bapak Novi Irwan Fauzi, S.Farm., M.Si., Apt. Sementara juara favorit ditentukan melalui vote di instagram @semafi yang dilihat dari jumlah like terbanyak. Akhir acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba, untuk kategori lomba poster juara 1 dan 2 jatuh pada Universitas Padjajaran dan Universitas Surabaya. Sedangkan juara favorit diperoleh Universitas Lambung Mangkurat. Untuk perwakilan dari Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia sendiri berhasil menyabet juara 1 dan juara favorit dari kategori design kemasan pangan. Sementara juara 2 kategori desain kemasan pangan dimenangkan Politeknik Piksi Ganesha Bandung.

(Hasil karya Juara 1 Design Kemasan Pangan)

(Hasil Karya Juara 1 Poster)

Akhir kata, terimakasih untuk partisipasi teman-teman dan peserta. Untuk yang belum sempat mengikuti Creopsy 2020 jangan sedih ya, semoga tahun depan kita dapat bertemu kembali dalam Creopsy 2021.

Penulis

Rachmadini Aulia

Leave a Comment