Bioteknologi Dalam Hidup Kita

Bioteknologi Dalam Hidup Kita

Irna Septiani (RPS 2016/A 162 009)

Assalamu’alaikum teman-teman…

Pasti kita sudah tidak aneh lagi pada produk pangan seperti keju, tempe, kecap, tape, oncom,  maupun minuman seperti yoghurt dan Nata de Coco. Apakah teman-teman tau kalau makanan dan minuman tersebut merupakan produk hasil bioteknologi. Ada yang tau apa itu Bioteknologi? 🙂

Bioteknologi sendiri merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain)  untuk menghasilkan produk dan jasa yang bermanfaat bagi manusia.

Jika secara bahasa, Bioteknologi ini berasal dari dua kata yaitu “Bio” yang berarti hidup dan kata “Teknologi” yang dapat diartikan sebagai suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis.

Mengapa tempe, keju, oncom, kecap, yoghurt, termasuk kedalam produk bioteknologi ? Nah, hal ini karena makanan-makanan tersebut merupakan hasil proses fermentasi, yang dimana proses fermentasi ini menggunakan mikroorganisme seperti bakteri-bakteri maupun jamur tertentu agar bisa menciptakan enzim-enzim tertentu sehingga dihasilkanlah produk pangan yang bermanfaat bagi kita. Bioktenologi semacam ini dinamakan Bioteknologi Konvensional yang merupakan jenis bioteknologi dimana produk yang dihasilkannya merupakan bantuan dari mikroorganisme. Selain Bioteknologi konvensional adapun Bioteknologi modern dimana produk yang dihasilkannya menggunakan proses rekayasa genetika seperti DNA rekombinan. Bioteknologi Modern seringkali berkaitan dengan gen atau analisis DNA,  dan modifikasi agen biologis yang dipakai, sedangkan pada Bioteknologi konvesional tidak.

Pada era modern ini kemajuan Bioteknologi sangat pesat dan memberikan manfaat yang luar biasa baik dalam bidang pangan, kedokteran & pengobatan suatu penyakit, bidang peternakan dan dalam industri farmasi.

Manfaat bioteknologi dalam dunia farmasi diantaranya produksi hormon insulin yang lebih mudah dan praktis yaitu dengan cara mengekstrak dari gen bakteri E.coli. selain insulin, vaksin pun merupakan salah satu produk farmasi dengan memanfaatkan ilmu bioteknologi. Sedangkan manfaat bioteknologi dalam dunia pertanian yaitu dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dari tanaman transgenic, tanaman transgenic memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap berbagai kondisi lingkungan dan tidak mudah terserang hama. Dalam bidang kedokteran produk Bioteknologi mempunyai peran penting dalam pengobatan dan terapi penyembuhan penyakit. Salah satunya yaitu Antibodi monoclonal yang sangat bermanfaat dalam terapi pengobatan penderita kanker.

Demikian yang dapat saya paparkan mengenai Bioteknologi yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, Namun penulis berharap artikel ini dapat berguna bagi penulis pada khususnya dan juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

Bioteknologi untuk kehidupan lebih baik. 🙂

Leave a Comment