BELAJAR MELALUI APLIKASI KEKINIAN TIKTOK

Logo Aplikasi TikTok
Sumber: gadgetren.com

Akhir-akhir ini aplikasi TikTok memang sedang ramai digunakan oleh berbagai macam kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Lalu, apa sih aplikasi TikTok ini? TikTok merupakan sebuah aplikasi yang dibuat di Tiongkok untuk membuat dan menyebarkan video pendek dengan format secara vertikal.

Aplikasi TikTok menjadi salah satu aplikasi yang banyak digemari oleh semua kalangan, apalagi semenjak virus COVID-19 masuk ke Indonesia dan mengakibatkan banyak orang harus isolasi di rumah dan pada akhirnya banyak masyarakat yang mendownload TikTok untuk melepas penat akibat setiap hari hanya berdiam diri di rumah saja. Menariknya, TikTok juga memiliki berbagai macam fitur yang dapat membuat penggunanya tak bosan menggunakan apliaksi ini, seperti fitur filter yang menarik, fitur challenge, dan menyajikan berbagai jenis musik terkini. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang menghabiskan waktu hingga berjam-jam dalam menggunakan aplikasi TikTok ini.

Selain untuk hiburan, banyak juga influencer pendidikan ataupun para content creator yang membuat konten edukasi di aplikasi ini. Mulai dari tips-tips dalam memasak, pengetahuan umum, seputar tips dalam pendidikan, dan juga hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Dalam bidang pendidikan misalnya, banyak mahasiswa ataupun guru yang membuat konten mengenai pendidikan dari ilmu yang telah didapatkan untuk di bagikan kepada masyarakat umum. Selain berbagi mengenai ilmu, biasanya mereka juga berbagi mengenai perjalanannya dalam menempuh pendidikannya dan juga berbagi motivasi.

Lalu, banyak juga manfaat dari TikTok sebagai media pembelajaran, seperti yang dilansir oleh akupintar.id:

  1. Lebih terhubung dengan siswa. Setiap guru dapat memanfaatkan TikTok dalam kegiatan pembelajaran tidak hanya untuk memberikan tugas saja, juga dapat menyapa siswa, mengomentari kegiatan yang dilakukan siswa sehingga terjalin kedekatan antara Guru dan siswa yang diajar. Manfaat TikTok lainnya adalah Guru dapat memantau kegiatan siswa sekaligus memastikan siswa dalam keadaan sehat melalui unggahan mereka.
  2. Stress release. Guru dapat memanfaatkan TikTok untuk mengunggah konten-konten ringan dan edukatif seperti tips, cerita dongeng, cerita sejarah hingga kesenian. Meskipun tampaknya tidak berhubungan tidak seperti mengajarkan sebuah materi pelajaran, konten TikTok yang di unggah dapat menghibur siswa dan juga viewer lainnya.
  3. Media pembelajaran yang menyenangkan. Siswa akan bosan mendengarkan gurunya berceramah meskipun itu melalui zoom atau Google meet. Supaya siswa merasa senang dan materi pelajaran tersampaikan, Guru dapat mencoba membuat video yang menerangkan materi dengan aplikasi TikTok. Karena durasinya singkat sekitar satu menit saja, Guru harus dapat mengatur sedemikian rupa materi agar tersampaikan dengan efektif dan efisien. Kelebihan lainnya dari TikTok sebagai media pembelajaran yang menyenangkan adalah siswa tidak merasa sedang diceramahi.
  4. Siswa menjadi lebih aktif. Manfaat aplikasi TikTok lainnya dalam pembelajaran adalah mampu mendorong interaksi dan minat siswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa pembelajaran secara daring telah mendisrupsi sejumlah minat siswa terhadap pelajaran. Misalnya pelajaran yang membutuhkan praktik langsung seperti olahraga, pramuka, seni dan kegiatan ekstra kurikuler. Aplikasi TikTok dapat digunakan sebagai alat untuk mendorong siswa untuk tetap aktif berolahraga, melakukan kegiatan seni, atau presentasi meski hanya di rumah saja. Siswa juga dapat saling melihat unggahan teman-temannya dan saling meninggalkan komentar. 
  5. Membuat tugas sekolah lebih menyenangkan. Tugas mengerjakan soal atau membuat video dengan kamera HP sudah biasa. Tidak jarang siswa merasa kesulitan mengunggah atau mengirimkannya kepada guru karena kapasitasnya yang terlalu besar. Nah, hal ini dapat di siasati dengan meminta siswa mengumpulkan tugas berupa video melalui aplikasi TikTok.  Selain menjadi lebih kreatif, siswa juga akan merasa lebih senang terlebih jika mendapat viewer yang banyak dari unggahannya.

Semoga dengan adanya aplikasi TikTok ini, kita dapat menggunakannya dengan sebaik mungkin dan mengambil sisi positif yang di sajikan dalam aplikasi ini untuk di terapakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Penulis : Deril Fahrian

EditorĀ  : Muhammad Ismail Faruqi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.