Menilik Peru, Negara Penuh Kekayaan Sejarah

Mungkin beberapa dari kita jarang mendengar tentang negara Peru, padahal negara ini sangat kaya akan budaya dan sejarahnya. Peru sangat cocok dijadikan destinasi wisata untuk menikmati alam, menyegarkan pikiran dari aktivitas, dan dapat menambah wawasan akan banyaknya budaya dan sejarah.

Peru merupakan negara demokratis yang berada di Amerika Selatan dengan ibu kota bernama Lima. Penduduknya terdiri dari banyak etnis mulai dari penduduk asli Peru, yaitu suku Inka, suku Amerindian, Mestizos (sebutan untuk orang keturunan India pribumi dengan keturunan Spanyol), Paraindian, Megaindian, Jepang, dan Cina (Chinos). Tak heran sejarah dan budayanya sangat beragam karena banyaknya etnis yang turut serta memberikan warna di dalamnya.

Iklim di wilayah Peru sangat berbeda-beda sehingga menjadikan Peru menjadi wilayah dengan jenis iklim yang paling banyak di dunia. Wilayah ini termasuk hutan tropis berkabut, rawa-rawa semi kering, gurun kering dan atap es tundra yang tinggi.

Berikut adalah 3 destinasi yang mesti dikunjungi saat Anda di Peru :

1.  Machu Picchu

Machu Picchu merupakan benteng peninggalan suku Inka yang telah hilang ditutupi hutan Amazon selama beratus-ratus tahun dan akhirnya ditemukan kembali oleh penjelajah Amerika, Hiram Bingham.

Waktu pertama kali melihat Machu Picchu di televisi, saya langsung terpukau dan bermimpi untuk mengunjungi tempat ini suatu hari nanti. Walaupun medan yang ditempuh sangat sulit karena harus naik ke pegunungan, membutuhkan waktu yang lama, serta kondisi alam yang tidak terduga (terkadang ditutupi oleh kabut), namun rasanya pasti setimpal dengan pemandangan yang indah dari Machu Picchu.

2.  Pampa, Gurun Peruvian.

Pada hamparan gurun dapat ditemukan Garis Nazca (Nazca Lines) yang tidak diketahui siapa yang membuatnya. Penduduk sekitar menyebut wilayah ini dengan nama Cahuachi. Penduduk sekitar meyakini bahwa pembuatnya kemungkinan orang-orang Nazca zaman dahulu yang meninggalkan kotanya setelah banyak bencana alam yang menimpa kota itu. Orang-orang Nazca mengubur kotanya dengan tanah gersang, yang sampai sekarang tetap berupa gundukan ditengah gurun.

Cara melihat Garis Nazca (Nazca Lines) mau tak mau harus menaiki pesawat khusus yang sudah disediakan oleh penduduk sekitar dan mereka siap untuk memandu turis melihat bentuk-bentuk Garis Nazca (Nazca Lines).

3.  Kota Cusco.

Cusco merupakan kota yang berada di bagian tenggara Peru. Cusco dahulu adalah kota terpenting di seluruh kekaisaran Inca yang kekuasannya sampai ke utara di Quito, Ekuador dan sampai ke selatan di Santiago, Chili. Kota ini sekarang menjadi destinasi wisata untuk mengunjungi gereja La Compania di Plaza de Armas yang megah dan tempat lainnya yang tak kalah indah.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi Peru? Ayo, buka wawasan kita untuk menjelajah dan mengenal negara-negara lain yang ada di dunia karena dunia memiliki kekayaan alam maupun budaya yang indah yang bisa kita nikmati.

Penulis:  Joana Tania

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.